Jumat, 04 Mei 2012

Indonesia Latih 1.000 Warga dan Pejabat Palestina


Ini dua lagi bukti Indonesia cinta Palestina. Pertama, Indonesia memberikan pelatihan bagi 1.000 warga dan pejabat Palestina. Kedua, Indonesia akan memperjuangkan dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam KTT Gerakan Non Blok (GNB) pertengahan 2012 nanti.

"Dukungan konkret lain dalam bentuk kerjasama peningkatan kapasitas pejabat Palestina. Kita komitmen akan memberikan pelatihan kurang lebih terhadap 1.000 warga dan pejabat Palestina di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun sejak 2008," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, dalam jumpa pers di Kemenlu, Jumat (4/5).

Tene menambahkan, sebagai persiapan dukungan atas perjuangan rakyat Palestina melalui KTT GNB di Iran nanti, Menlu Marty Natalegawa akan mengunjungi Mesir pada 9-10 Mei 2010 untuk menghadiri konferensi tingkat menteri luar negeri biro koordinasi GNB.

"Bagaimana saat kita menjadi tuan rumah maka pada pertemuan di Mesir ini, akan dibahas juga sikap Gerakan Non Blok terkait Palestina. Isu-isu Palestina terus menjadi isu yang selalu konsen disikapi oleh Gerakan Non Blok," jelas Tene.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan kepada Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi bahwa Indonesia selalu aktif di dunia untuk mendukung kemerdekaan di Palestina.

Selain pemerintah, rakyat Indonesia juga aktif dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Hampir setiap kali ada serangan besar Israel ke Palestina, rakyat Indonesia menggelar demonstrasi untuk memberikan pembelaan terhadap Palestina dan mengutuk penjajah Zionis Israel. Selain itu, berbagai bantuan dana, obat-obatan, dan lainnya juga dikirim ke Palestina. Bahkan, rakyat Indonesia melalui sejumlah ormas dan LSM juga mendirikan sekolah dan rumah sakit di Gaza, Palestina. [IK/Dtk/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...