Selasa, 17 April 2012

Umat Islam Paling Dermawan Dibanding Pemeluk Agama Lain


Pemeluk agama apa yang paling dermawan? Hasil survei the CNN Wire, London menunjukkan, diantara berbagai agama, umat Muslim memiliki persentasi kedermawanan tertinggi, sebesar 61 persen. Sedangkan Kristiani 24 persen, Budhis 20 persen dan Hindu 33 persen.

Survei pada 20 Juli 2011 itu juga mengungkapkan, Indonesia merupakan negara dengan tingkat kedermawanan bermotivasi agama tertinggi. Sebanyak 91 persen Muslim Indonesia paling dermawan dibanding Arab Saudi 71 persen dan Turki yang hanya 33 persen.

Menjelaskan hasil survei itu, mantan rektor IAIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra mengatakan, terdapat beberapa faktor kedermawanan Muslim Indonesia. Pertama yakni meningkatnya kecintaan terhadap Islam. Kemudian, sekarang ini tiap tahun orang Indonesia yang umrah lebih dari lima juta orang. Ketiga, meningkatnya perekonomian Indonesia.

"Ekonomi Indonesia meningkat, ini dilakukan orang Islam mengingat 88,2 persen demografi Indonesia adalah Muslim," ujarnya saat diskusi Munas keenam Forum Zakat, Selasa (17/4).

Keempat, meningkatkan pertumbuhan kelas menengah Muslim di Indonesia. Kelas menengah adalah mereka yang berpendidikan minimal strata S1, memiliki pekerjaan tetap, mampu menyekolahkan anak, serta mampu liburan sekali atau dua kali setahun.

Selain itu, sifat kedermawanan Muslim Indonesia ini pun meningkat saat bulan Ramadhan, meskipun mereka dari kalangan tidak mampu.

"Walaupun susah, masyarakat Indonesia memiliki keinginan memberi yang tinggi, terutama saat bulam Ramadhan," ujarnya. [IK/Rpb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...