Rabu, 11 April 2012

Bagaimana Posisi Wanita dalam Dakwah ?















Nasehat Muslim

Pertanyaan

 Apa pendapat anda tentang wanita dalam dakwah dijalan Allah 'azza wajala ? 


Jawab

Wanita sama dengan lelaki dalam kewajiban berdakwah kepada Allah subhanahu wata'ala mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Dalil-dalil dalam alqur'an dan assunnah bersifat umum bagi lelaki dan wanita kecuali jika ada pengkhususan dalil, para ulama telah menjelaskan hal ini dengan jelas.

Allah ta'ala berfirman, artinya. "Para lelaki yang beriman dan para wanita yang beriman sebagiannya adalah penolong bagi yang lain memerintahkan yang baik dan mencegah pada hal yang munkar" (QS. Attaubah : 71)

Allah ta'ala berfirman, artinya, " Kalian sebaik-baik manusia yang dikeluarkan dikeluarkan bagi manusia mengajak pada kebaikan dan melarang pada kemungkaran dan kalian beriman kepada Allah" (QS. Al-imran : 110)

Maka wajib bagi kalian untuk berdakwah kepada Allah ta'ala dengan adab yang syar'i sebagaimana kewajiban lelaki dan hendaklah kalian bersabar serta mengharap pahala dari Allah ta'ala.

Allah ta'ala berfirman, artinya, "dan bersabarlah kalian sesungguhnya Allah bersama dengan orang yang bersabar" (QS. Al-anfal:46)

Allah ta'ala berfirman tentang kisah luqman alhakim yang berkata kepada anaknya, artinya, "Wahai anakku dirikanlah shalat dan perintahkanlah kebaikan, dan cegahlah kemungkaran, dan bersabarlah dengan apa yang menimpamu" (QS. Luqman : 17)

Dan wajib bagi para wanita untuk menjaga kehormatannya, memakai pakaian hijab yang syar'i dan beramal shalih, dan jauhilah kalian dari  tabaruj serta bercampur baur dengan para lelaki.

dan kemudian berdakwah dengan perkataan dan perbuatan dan menjauhi seluruh yang Allah haramkan.


Fatwa Syaikh Bin Baz Ulama Besar Arab Saudi
 : http://binbaz.org.sa/mat/211

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...