Minggu, 01 April 2012

Amal Yang Dibawa Saat Meninggal Dunia

Setiap manusia pasti akan meninggal dunia, dan sebelum ajal tiba menjemputnya, manusia diperintahkan untuk beribadah kepada Allah yaitu menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Yang tertulis dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zariyat ayat 56 yang artinya :

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku” (QS. Az- Zariyat).


Disinilah letak manusia memilih jalan kebaikan/keburukan yang kelak akan menjadi amal buat nanti di yaumil hisab, coba anda bayangkan, apakah amal kita lebih berat kebaikannya atau amal kita lebih berat keburukannya. Maka dari itu, jika kita ingin berat amal kebaikannya, marilah kita berbondong-bondong menuju amal kebaikan yaitu amal yang nanti akan dibawa saat meninggal dunia. Seperti sabda Rasulullah SAW : “Apabila sorang anak adam (manusia) meninggal dunia, maka putuslah amalannya, melainkan dari tiga perkara yaitu : sedekah yang mengalir (jariah), ilmu yang diambil manfaatnya dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya (HR. Muslim).

Nah, ketiga hal inilah yang harus kita perjuangkan untuk melaksanakan dengan istiqomah, karena jika kita sudah bias melaksanakanya dengan istiqomah dan penuh keikhlasan, niscaya di hari hisab nanti kita akan memasaki surga Allah, Amiin Ya Robbal Alamin.

Posted in Artikel Islami | Tagged Amal, tausiyah singkat, meninggal dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...