Jumat, 02 Maret 2012

UNICEF: Jutaan Anak di Pemukiman Kumuh

UNICEF: Jutaan Anak Tinggal di Daerah Kumuh." Lembaga PBB UNICEF menyeru pemerintah di negara-negara seluruh dunia agar memperhatikan kepentingan anak-anak dalam program perencanaan wilayah perkotaan mereka.

Dalam laporannya ‘The State of the World’s Children 2012: Children in an Urban World’, lembaga dunia itu mendesak agar pemerintah meningkatkan semua fasilitas yang diperlukan bagi anak-anak yang dibesarkan di kota-kota besar dan kecil.

Menurut UNICEF, jutaan anak di besarkan di daerah-daerah kumuh yang terdapat di perkotaan besar dan kecil di seluruh dunia. Mereka tidak mendapatkan akses kebutuhan dasar seperti air bersih, makanan, kesehatan dan pendidikan. Keadaan seperti itu, didorong antara lain oleh pesatnya laju perpindahan penduduk dari desa ke kota, terutama di negara-negara Afrika dan Asia.

"Setiap tahun, populasi perkotaan dunia naik sekitar 60 juta. Pada tahun 2050, 7 dari 10 orang akan tinggal di kota-kota besar dan kecil," kata Anthony Lake, direktur pelaksana UNICEF, dikutip Cihan (29/02/2012).

Lake mengingatkan, pihak yang paling rentan terkena dampak pesatnya arus urbanisasi itu adalah anak-anak. Jika tidak segera diatasi, jutaan anak akan tertinggal. Mereka akan kehilangan kesempatan untuk tumbuh menjadi manusia yang lebih baik, yang mendapat pendidikan, kesehatan serta kehidupan yang layak.*



Rep: Ama Farah
Red: Dija
Dikutip dan Ringkas Judul oleh situs Dakwah Syariah



Rating: 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...