Rabu, 21 Maret 2012

Benarkah Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam Berasal dari Cahaya ?
















Nasehat Muslim

Pertanyaan

Saya mendengar orang-orang berkata bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam diciptakan dari cahaya, dan yang Allah ta'ala ciptakan pertama kali adalah nur Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, apakah hal ini ada dalilnya dari alqur'an dan assunnah, saya meminta penjelasan dari kebenaran perkataan demikian, jazakumullah khair  ?

Jawab



Apa yang dikatakan oleh orang bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam diciptakan dari cahaya maka perkataan demikian tidak ada dalilnya sama sekali baik dari alqur'an maupun assunnah.

Dan perkataan bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam dari cahaya dan yang pertama kali diciptakan oleh Allah ta'ala adalah nur Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam maka ini berasal dari perkataan palsu yang tidak ada asalnya dari Nabi Muhammad shalallhu'alaihi wassalam.

Adapun yang benar adalah Nabi Muhammad shalalallahu'alaihi wassalam berasal dari air sebagaimana manusia yang lain, ayah dan ibu beliau shalallahu'alaihi wassalam adalah abdullah dan aminah.

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam tidaklah diciptakan dari cahaya akan tetapi beliau adalah penerang dari kegelapan kebodohan manusia dengan adanya wahyu dari Allah ta'ala dan juga dengan diturunkannya pada beliau shalallahu'alaihi wassalam alqur'an dan assunnah sehingga menjadi penerang bagi umat muslim.

Dan Allah ta'ala menjadi Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam penerang bagi manusia dengan dakwah beliau shalallahu'alaihi wassalam, dan penjelasan kebenaran kepada manusia, dan petunjuk serta pengarah manusia kepada kebaikan, dan Allah ta'ala memberikan wahyu sebagai cahaya dari kegelapan kebodohan manusia, Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam adalah manusia yang diciptakan melalui air kedua ibu bapaknya.


Dan adapun apa yang dikatakan sebagian manusia atau orang-orang yang menyimpang atau sebagian orang-orang sufi yang berkata bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam berasal dari cahaya dan yang pertama dicipta adalah cahaya Muhammad shalallahu'alaihi wassalam maka ini semua hanya perkataan palsu yang tidak ada asalnya sama sekali baik dari alqur'an dan assunnah.

(bersambung)


Fatwa Syaikh Bin Baz : http://binbaz.org.sa/mat/4760









Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...