Minggu, 26 Februari 2012

Qatar Bantu Gaza 250 Juta USD


Pemimpin Hamas menandatangani kesepakatan bantuan dana dari pemerintah Qatar, dengan nilai lebih dari 250 juta dolar AS. Dana bantuan itu diperuntukan bagi proyek-proyek rekonstruksi di Jalur Gaza, diantaranya untuk membangun 5 ribu rumah dan merenovasi 55 ribu rumah yang hancur atau rusak berat akibat serangan Israel tiga tahun lalu.

"Kesepakatan itu sedang diselesaikan dan segera akan ditandatangani dalam seminggu kedepan," kata Menteri Perumahan dan Pekerjaan Umum Hamas, Youdef Al-Mansi, yang dilansir kantor berita Xinhua, Senin, (26/2).

Selain untuk pembangunan rumah warga, perjanjian bantuan itu juga diperuntukkan bagi pembangunan berbagai sarana dan fasilitas umum.

Awal bulan ini, terjadi pertemuan dan beberapa kesepakatan yang dimediasi Qatar antara pemimpin tertinggi Hamas Khalid Misyal dan Presiden Palestina Mahmud Abbas. Menurut perjanjian itu, Abbas akan membentuk pemerintah sementara untuk memulihkan kesatuan politik untuk wilayah Palestina.

Pada pemilu tahun 2007, Partai Hamas mengalahkan pasukan pro-Abbas, menggulingkan partai Fatah dan mengambil alih Gaza, meninggalkan aturan terbatas Abbas atas kepada Tepi Barat. Kemenangan Hamas disusul dengan sanksi Israel atas Gaza dan serangan negara Zionis itu pada akhir 2008 hingga awal 2009, yang mengakibatkan banyak infrastruktur publik dan rumah warga hancur. [IK/Rpb/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...