Senin, 20 Februari 2012

Kapan Ayat Kursi Dibaca?

Kita pasti tahu ayat kursi adalah ayat yang paling agung di dalam Al-Quran. Tepatnya pada surah Al-Baqarah ayat 255.

Mengapa bisa dikatakan ayat yang paling agung? Karena tidak ada ayat lain yang melebihi keagungan ayat kursi ini. Sebagaimana Rasulullah Sallahu'alaihi Wa Salam bersabda : "Dari Ubay bin Ka'ab ra, ia berkata, Rasulullah Shallahu'alaihi Wa Salam bersabda, wahai Abu Mundzir, tahukah kamu ayat apa yang paling agung dalam kitabullah? Abu Mundzir menjawab: "Aku katakan: "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. "Rasulullah Shallahu'alaihi Wa Salam bersabda kembali: "Wahai Abu Mundzir, tahukah kamu aya apa yang paling agung dalam kitabullah? Abu Mundzir menjawab kembali: "Aku katakan, Allahu Laa Ilaahailla Huwal Hayyul Qayyum, Allah, Tidak ada ilah (yang berhak di ibadahi) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya)..."Abul Mundzir berkata : "kemudian, Rasulullah Shallahu'alaihi Wa Salam menepuk dadaku seraya berkata: 'Demi Allah! Selamat atas ilmu yang kamu miliki wahai Abu Mundzir. (HR. Muslim)

Nah, Permasalahannya adalah tidak sedikit orang yang tidak mengamalkan atau membaca ayat kursi ini. Untuk itu saya akan memaparkan sedikit tentang kapan seharusnya ayat kursi dibaca, karena ini adalah sebuah anjuran dari Allah Shubhanallahu Wa Ta'ala dan Rasul-Nya.



1. Anjuran yang pertama yaitu setelah menunaikan shalat lima waktu.

Barangsiapa membaca ayat kursi pada setiap selesai menunaikan shalat lima waktu, niscaya tidak ada yang menghalanginya untuk memasuki surga selain kematian. (HR. An-Nasa'i)

2. Anjuran yang kedua yaitu membacanya pada saat menjelang tidur.

"Barangsiapa membaca ayat kursi ketika hendak berbaring ditempat tidurnya, niscaya ia senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah sehingga syaitan tiada bisa mendekatinya sampai pagi. (HR. Bukhari)

3. Anjuran yang terakhir yaitu pada saat dzikir pagi dan petang.

Semoga saja kita semua tidak melupakan untuk senantiasa membaca ayat kursi ini. karena jika kita membacanya dengan tulus, ikhlas dan benar. Insya Allah syaitan tidak akan mengganggu kita, selain itu juga sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Jangan lupa dilakukan yah??









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...