Kamis, 02 Februari 2012

Erdogan Dipuji Sukses Jadikan Istanbul Kota Ideal Negara Muslim


Selain tata kota yang indah, ekspansi perkotaan dan modernisasi permukiman pinggiran kota, Istanbul terus mengarah pada upaya penerapan nilai syariah secara "elegan". Perpaduan unsur modernitas dan syariah ini membuat pemerhati isu perkotaan, David Lepeska memuji Istanbul sebagai kota ideal bagi negara-negara Muslim sekaligus memuji Erdogan yang kini menjadi Perdana Menteri Turki.

Lepeska mencontohkan, Istanbul tidak menangkap wanita pekerja seks, tetapi memasukkannya ke Bursa, Anatolia. Di sana, wanita yang berniat bertaubat, dapat masuk rehabilitasi. Kebijakan sejenis juga menjadi kunci dukungan kalangan itu kepada Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) sejak 2002.

"Coba anda bandingkan dengan negara lain, yang menghukum perempuan lantaran tidak mampu mendatangkan pelaku yang memperkosanya," kata Lepeska.

Dalam hal kebijakan, kata Lepeska, Istanbul juga menawarkan kebijakan yang patut dicontoh Dubai, Jakarta, Nairobi dan Kairo. Sebab, Istanbul dalam beberapa dekade terakhir mengalami transformasi yang pesat, seperti ekspansi perkotaan dan modernisasi pemukiman pinggiran kota.

"Saya pikir apa yang dilakukan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, saat menjadi walikota Istanbul, telah menjadikan kota ini menjadi penghubung dan pusat keuangan dunia," puji Lepeska. [AM/Rpb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...