Selasa, 07 Februari 2012

Bolehkah Shalat Witir Dua Kali dalam Semalam?



Nasehat Muslim
Pertanyaan 
Apa boleh kita shalat witir dua kali semalam ?
Jawab 
Tidak selayaknya seseorang shalat witir dua kali dalam satu malam.
Hal ini karena Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, Tidak ada dua shalat witir dalam satu malam (HR. at-tirmidzi, nomor 432).
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda jadikanlah akhir shalat kalian dimalam hari witir (ganjil) (HR. Al-Bukhari, nomor 943)
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, Barangsiapa yang takut tidak bisa melaksanakan shalat pada akhir malam maka shalatlah witir (ganjil) pada awalnya, barangsiapa yang bisa shalat pada akhir malam maka shalatlah witir (ganjil) karena sesungguhnya shalat pada akhir malam disaksikan dan hal itu lebih utama (HR. Muslim, nomor 1255)
Jika mudah bagi muslim bertahajud pada akhir malam maka tutup shalat dengan witir pada akhir malam.
Namun jika seseorang itu berat maka berwitirlah pada awal malam kemudian jika pada akhir malam bangun maka shalatlah dua rakaat dua rakaat sekemampuan dan tidak ditutup dengan mengulang witir karena sudah melakukan witir awal malam hal ini dalilnya pada hadist tadi yaitu Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda (artinya) tidak ada dua witir dalam satu malam.
Lihat Fatawa  http://binbaz.org.sa/mat/1019

  

Nasehat Muslim                                                                                                                                                              http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...