Jumat, 10 Februari 2012

Akibat Jika Lemahnya Fungsi Koordinasi

Legenda Robin Hood, tokoh perampok yang dermawan tak hanya ada di cerita layar lebar. Di Indonesia juga ada.  Belum alama ini, Polresta Balerang (07/02/2012) menangkap sekawanan perampok yang kerap beraksi Batam, Kepulauan Riau yang dikenal dengan nama komplotan Dedi ‘Robin Hood’.

Dari tangan komplotan ini, aparat menyita barang-barang mewah bermerk dan sejumlah perhiasan. Hanya saja menariknya, pelaku sering menyumbang uang ke rumah ibadah dan membantu warga sekitar yang kesusahan.

Terungkapnya kasus ini menurut anggota Komisi IX DPR RI FPKS Herlini Amran  mengindikasikan tidak meratanya kesejahteraan di negara Indonesia.

Menurut Herlini, jumlah penduduk miskin di Indonesia pada September 2011 mencapai 29,89 juta orang.  Menurut data BPS, jumlah penduduk miskin di Kota berjumlah 10,95 juta orang pada September 2011, sementara di daerah perdesaan berjumlah 18,94 juta orang pada September 2011

“Ada sekat kesenjangan yang sangat jauh antara penduduk miskin di daerah pedesaan dan perkotaan, bisa diindikasikan selama ini pembangunan yang terjadi tidak merata dalam rangka pemerataan kesejahteraan,” kata Herlini kepada hidayatullah.com, Jumat (10/02/2012).

Karena itu, menurutnya, koordinasi antara kementerian terkait menjadi penting dalam meningkatkan pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

"Bisa jadi selama ini lemahnya koordinasi menjadi penyebab pemerataan kesejahteraan tidak berjalan dengan baik. Koordinasi Kementrian Kesejahteraan rakyat yaitu Kemenkes, Kemendikbud, dan Kemensos perlu lebih ditingkatkan, " ujarnya.

Salah satu hal yang krusial yang lain adalah terkait validasi data orang miskin di Indonesia.

“Kalau urusan datanya saja belum akurat, maka mustahil program-program yang diluncurkan bisa tepat sasaran."

Belajar dari kasus “Robin Hood Batam” ini Herlini mendesak pemerintah segera mengevaluasi program-program pengentasan kemiskinan yang selama ini tidak signifikan dalam mencapai visi pembangunan pemerintah dalam pendekatan Pro-Poor,”.

“Mungkin banyak robin hood-robin lain di luar Batam, karena merasa iba melihat kondisi kesejahteraan yang tidak merata di indonesia,” ujarnya.


Rep: Panji Islam
Red: Cholis Akbar
Hidayatullah.com
Dikutip dan Ringkas Judul oleh situs Dakwah Syariah



Rating: 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...