Rabu, 11 Januari 2012

Qunut Tiap Shalat Shubuh adalah Bid'ah

















Nasehat Muslim

Pertanyaan 


Apakah Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam qunut dalam tiap shubuh pada rakaat terakhir setelah ruku' dengan mengangkat tangan dan berdoa Allahummahdiniy fiman hadayt tiap malam hingga wafat?


Jawab 



Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam tidak Qunut terus menerus tiap shubuh baik dengan doa yang dikenal Allahummahdiniy fiman hadayt maupun doa yang lain. 



Akan tetapi Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam melakukan qunut hanya saat terjadi permasalahan bagi kaum muslimin karena adanya serangan musuh dalam suatu waktu yang tertentu, mendoakan keburukan bagi musuh Islam dan kebaikan bagi umat Islam.

Dalil dari hal ini dari hadist saad bin thariq al-asyja'i yang bertanya kepada bapaknya.

Dia berkata, wahai bapakku anda dahulu shalat dibelakang Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam juga dibelakang abu bakar, umar bin khatab dan utsman bin affan dan ali bin abi thalib radhiallahu 'anhu, apa mereka dahulu qunut tiap shalat shubuh? 

Maka bapakku menjawab, Qunut dalam tiap shalat shubuh adalah perkara yang baru tidak pernah diajarkan. 

Hadist diatas diriwayatkan Imam Ahmad, tirmidzi, an-nasai dan jama'ah dengan isnad shahih.

Adapun hadist yang menyebutkan bahwa anas radhiallahu'anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam melakukan qunut tiap subuh maka hadistnya dhaif (lemah) menurut para ulama hadist.

Lihat 
Fatwa Syaikh Abdullah Azis bin Abdullah bin Baz
(Semasa hidup)
Rektor Univeristas Islam Madinah Saudi Arabia










Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...