Senin, 16 Januari 2012

Persatuan Parlemen Internasional Undang Hamas, Israel Marah


Persatuan Parlemen Internasional (Inter-Parliamentary Union/IPU) mengundang fraksi perubahan dan reformasi Palestina yang berafiliasi ke Hamas untuk mengikuti kerja komite HAM Parlemen Internasional di Jenewa. Israel, yang merupakan salah satu anggota IPU marah dengan adanya undangan itu.

Menlu Israel Avigdor Lieberman mengutuk undangan Persatuan Parlemen Internasional itu, Senin (16/1). Menurut Lieberman, Hamas tidak boleh diundang karena ia adalah organisasi teroris.

"Ini adalah contoh baru kemunafikan internasional," kata Lieberman.

Dalam keterangan yang sama kepada radio Israel, Lieberman menambahkan, sangat jelas di seluruh organisasi dunia yang beranggotakan 57 negara Islam bersama sejumlah wakil dari negara non blok membuat sikap terpadu menentang Israel.

Hadirnya delegasi Palestina itu juga menunjukkan gagalnya upaya Israel mencegah partisipasi Hamas dalam forum internasional itu.

Menjawab pertanyaan kemungkinan Israel keluar dari persatuan parlemen internasional, Lieberman menyatakan, belum ditegaskan keharusan membuat keputusan seperti ini.

Reshet Bet
melaporkan bahwa delegasi Hamas, yang dipimpin oleh Mashir al-Masri, tiba beberapa hari lalu ke Jenewa dan bertemu Komite Hak Asasi Manusia sejak hari Ahad, menyusul undangan yang dikirim kepada mereka oleh IPU. Diskusi sentral dalam acara itu membahas seputar pelanggaan Israel terhadap para anggota parlemen, terutama penangkapan dan deportasi para anggota parlemen Palestina. [IK/IP/Arn]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...