Kamis, 19 Januari 2012

Perbankan Islam Makin Marak di Pakistan


Perbankan Islam di Pakistan mengalami pertumbuhan yang cepat di Pakistan dalam lima tahun terakhir. Keinginan umat Islam untuk menghindari riba menjadi faktor utama perkembangan perbankan Islam di negara Muslim Asia Selatan itu.

"Alasan pertama dan utama pertumbuhan perbankan Islam adalah faktor agama," kata ekonom Pakistan Muzamil Aslam seperti dikutip OnIslam.net.

"Perbankan Islam telah memberikan jendela kesempatan orang untuk orang-orang yang menyimpan akun saat ini untuk alasan keamanan, tetapi mereka bahkan tidak menerima satu rupee pun dalam akun mereka," tambahnya.

Pertumbuhan besar perbankan Islam dalam lima tahun terakhir itu juga didukung oleh kemampuan bank-bank Islam bersaing dengan bank-bank konvensional. Beberapa bank Islam telah berdiri sepuluh tahun yang lalu, namun saat itu animo masyarakat belum signifikan. Masyarakat masih skeptis dengan prospek perbankan Islam sehingga respon masyarakat Pakistan saat itu tergolong lambat.

"Tetapi ketika mereka melihat bank-bank Islam mampu bersaing dengan bank konvensional, mereka memilih perbankan Islam," kata Zia Qureshi, seorang ekonom yang berbasis di Karachi, juga dikutip OnIslam.net.

Saat ini Pakistan memiliki enam bank Islam, yaitu Bank Islami, Meezan bank, Global Islamic Bank, Al-Barka Bank, Islamic Bank Emirat Global, dan Dawod Islamic Bank. Keenam perbankan Islam itu memiliki sekitar 500 ribu pelanggan di sektor pembiayaan konsumsen dan deposito dan ada sekitar 5 persen saham di sektor perbankan secara keseluruhan di Pakistan. [IK/Rpb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...