Minggu, 15 Januari 2012

Muslim Terus Bertambah, Bisnis di Kenya Buru Label Halal


Menyusul perkembangan jumlah Muslim yang terus bertambah di Kenya, para pebisnis di negara pantai timur Afrika itu kini berburu label halal untuk produk-produknya.

"Bisnis-bisnis di Kenya mulai menyadari bahwa komunitas Muslim merupakan segmen penting dari masyarakat Kenya dan harus dipenuhi sebagai konsumen," kata Hussein Jibril, seorang akuntan, seperti dikutip Xinhua, Ahad (15/1).

Sebelumnya, pebisnis di Kenya lama mengabaikan sertifikat halal ini. Namun terus meningkatnya populasi Muslim membuat mereka berpikir keharusan adanya label halal bagi produk –terutama makanan- mereka jika ingin menarik pangsa pasar Muslim.

Hussein juga mengatakan, kebanyakan Muslim di Kenya dipandu ulama mereka dalam menentukan kriteria produk yang mereka konsumsi. Termasuk makanan, pakaian dan sekolah. Label halal dan ketentuan sesuai syariah menjadi pertimbangan utama.

Bisnis-bisnis di Kenya mulai dari toko atau tempat makan sekarang terdapat logo halalnya. Beberapa di antaranya adalah sebuah restoran terkenal di Nairobi –kota terbesar sekaligus ibukota Kenya- Kenchic Inn; restotan cepat saji Galito, toko roti Inn Baker.

Sertifikat halal dikeluarkan oleh Biro Kenya Sertifikasi Halal (KBHC) bagi produk-produk yang telah lulus pemeriksaan lembaga halal itu. Saat ini, sekitar 150 perusahaan telah disertifikasi oleh KBHC. [IK/Rpb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...