Selasa, 31 Januari 2012

Muslim Bordeaux Akhirnya Berhasil Beli Tanah Gereja untuk Bangun Masjid


Muslim Bordeaux, Perancis, akan memiliki masjid baru. Setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi, akhirnya Muslim kota Bordeaux berhasil membeli sebidang tanah dari gereja untuk membangun sebuah masjid baru.

Sejumlah pengamat menilai kesepakatan itu sangat unik, terutama karena komunitas umat Islam di Bordeaux membeli tanah untuk pendirian masjid itu dari Gereja Katolik.

Asosiasi Budaya Islam di kota Bordeaux yang membeli tanah itu menyatakan kesepakatan tersebut telah menyebabkan kontroversi ketika beberapa anggota partai sayap kanan yang berkuasa dan anti-Islam di kota itu menentangnya. Namun demikian, yang memiliki hak untuk menjual adalah pihak gereja selaku pemilik tanah yang telah menyetujui menjual tanah itu pada pihak Asosiasi Budaya Islam yang dipimpin oleh Muhammad Boer.

Pihak Muslim dan gereja menyepakati haraga sekitar 240 ribu euro untuk tanah itu. Umat Islam Bordeaux mengumpulkan dan untuk membayarnya dari sumbangan internal umat Islam di kota itu yang sejauh ini terkumpul 60 ribu euro.

Walikota Bordeaux sendiri menegaskan bahwa dirinya mendukung pembelian tanah untuk pembangunan masjid itu. Walikota mendukung hal-hal seperti itu sebagai bagian dari "dialog antar agama." [IK/EM/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...