Senin, 23 Januari 2012

Muak Video Pengencingan Jenazah, Tentara Afghanistan Bunuh Empat Tentara Asing

Seorang tentara Afghanistan yang menembak mati empat tentara Perancis Jumat lalu (20/1), mengakui ia melakukan aksi itu karena kebenciannya terhadap tentara asing setelah mengetahui video tentara AS mengencingi jenazah Taliban. Selain menewaskan empat serdadu, aksinya itu juga melukai 15 pasukan Perancis lainnya. Delapan diantaranya menderita luka parah.

"Dalam pemeriksaan awal, ia mengakui melakukan itu karena video yang menunjukkan tentara AS mengencingi jenazah Taliban," kata seorang perwira Afghanistan.

Sumber sandi Afghanistan dan bagian penerangan kementerian pertahanan Afghanistan juga memberikan laporan senada tentang sebab aksi penembakan itu. Selain dipicu oleh video pengencingan jenazah, aksi tentara itu juga disulut oleh video pemerkosaan yang dilakukan tentara Inggris terhadap anak-anak Afghanistan.

Menyusul kematian empat tentaranya di distrik Tagab Provinsi Kapisa itu, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengumumkan bahwa negaranya mungkin mempertimbangkan penarikan awal pasukan dari Afghanistan jika kondisi keamanan makin tidak jelas seperti itu. [IK/Rpb/EM]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...