Senin, 02 Januari 2012

Masjid Dirobohkan, Puluhan Muslim Cina Terluka


Kabar duka datang dari Cina. Sebuah masjid di kota Hexi, Ningxia, dirobohkan polisi bersenjata karena pembangunannya dinyatakan ilegal. Bentrokan meletus saat ratusan Muslim Hui berusaha menghalangi pembongkaran masjid tersebut.

Akibat bentrokan dengan seribu polisi itu, sedikitnya 50 orang terluka dan lebih dari 100 Muslim ditahan.

Bentrokan dimulai ketika polisi menyatakan ilegal masjid yang baru saja direnovasi. Sekitar seribu polisi setempat datang dan merobohkan masjid tersebut, Sabtu (31/12). Muslim Hui yang berusaha mempertahankan masjid berhadapan dengan para polisi bersenjata yang menghadang warga dengan gas air mata.

Selain korban terluka, seorang warga setempat mengungkapkan bahwa dalam bentrokan itu terdapat dua orang yang meninggal dunia. Namun, Pusat Informasi HAM dan Demokrasi Hong Kong mengaku tidak dapat mengkonfirmasi kabar tersebut. Polisi setempat juga membantah kabar ada warga Muslim Hui yang meninggal.

Etnis Hui merupakan salah satu dari beberapa kelompok minoritas Muslim di Cina. Mereka termasuk keturunan imigran Muslim dari Asia Tengah, anggota etnis mayoritas Cina Han yang masuk Islam dan beberapa kelompok lainnya. [IK/Rpb/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...