Sabtu, 07 Januari 2012

Keutamaan Memakai Miswak atau Siwak


Miswak atau Siwak mungkin merupakan hal yang asing bagi dunia barat. Siwak sangat banyak digunakan oleh masyarakat di negara muslim. Walaupun mungkin terdengar aneh menggunakan ranting-ranting dari pohon atau batang kayu untuk membersihkan gigi, akan tetapi berdasarkan penelitian siwak sangat banyak manfaatnya. Penelitian telah membuktikan bahwa Siwak lebih baik daripada pasta gigi untuk mencegah penyakit gusi. Siwak dikenal sebagai tongkat karet di dunia barat dan sedang direncanakan untuk pengobatan alternatif. Marilah kita analisa studi ilmiah yang telah dilakukan terhadap siwak dan telah didokumentasikan sebagai bukti keutamaan siwak di banding dengan pasta gigi.

Siwak

Tetapi pertama-tama, mengapa ada orang yang berpikir menggunakan ranting pohon untuk membersihkan gigi mereka? Faktanya adalah manusia kuno tidak memiliki fasilitas sikat gigi dan banyak kebudayaan telah menggunakan Siwak untuk kebersihan mulut. Penggunaan Siwak menyebar dalam populasi Muslim di dunia, dan merupakan entitas umum di negara-negara Muslim. Alasan untuk penggunaan umum dari Siwak oleh umat Islam dapat dikaitkan dengan keyakinan agama. Utusan terakhir Islam yang digunakan sering dan juga memerintahkan pengikutnya untuk melakukan hal yang sama dan karenanya praktek terus secara luas di negara-negara Muslim. Ada 70 manfaat dari Siwak seperti yang disarankan oleh Sastra Islam dan banyak dari ini telah terbukti secara ilmiah dan sisanya belum diteliti.

Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya Siwak?. Siwak diperoleh dari ranting pohon Arak (Peelu pohon) meskipun beberapa pohon lainnya juga dapat digunakan untuk mendapatkannya seperti kenari dan zaitun.

Manfaat penting dari Siwak:

* Mematikan berbagai bakteri penyebab penyakit gusi.

* Menghancurkan plak secara efektif.

* Membasmi karies gigi.

* Menghilangkan Bau mulut.

* Membuat wangi di mulut.

* Efektif membersihkan sela gigi karena bulu paralel.

* Mencegah mulut kering (xerostomia)

Studi Ilmiah tentang Siwak

Meskipun studi membuktikan bahwa siwak memiliki 70 manfaat yang luas, tapi yang kita bahas disini adalah efeknya pada kesehatan mulut. Marilah kita llihat baik-baik pada studi ilmiah yang dilakukan terhadap Siwak.

    Perusahaan Wrigley melakukan studi tentang Siwak yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Studi ini menemukan bahwa permen dicampur dengan ekstrak Siwak 20 kali lebih efektif dalam membunuh bakteri dibandingkan permen biasa. Sebuah kesaksian kecil untuk fakta ini adalah bahwa setelah setengah jam, permen yang dicampur dengan ekstrak Siwak membunuh sekitar 60% dari bakteri dibandingkan permen biasa yang hanya berhasil membunuh 3,6% bakteri

    Dalam edisi Agustus Journal of Periodontology (2008) muncul sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Swedia Siwak. Studi ini ternyata menemukan bahwa potongan Siwak ditangguhkan dalam suatu petridish (medium untuk bakteri kultur) mampu membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal dengan keluar berada di kontak fisik dengan bakteri. Para peneliti menyarankan bahwa Siwak mungkin memberikan antibiotik sebagai gas mencoba untuk menjelaskan fenomena ini.

    Sebuah studi yang membandingkan menyikat gigi dan menggunakan Siwak (Miswak ing!) Dapat dilihat pada Pubmed (US National Library untuk Pengobatan Service). Studi menyimpulkan bahwa Siwak lebih efektif daripada menyikat gigi dalam mengurangi plak dan radang gusi yang diberikan itu digunakan dengan benar. Studi serupa yang ditemukan di situs yang sama dan tempat lain bertanggung jawab terhadap efektivitas Siwak atas sikat gigi.

    Sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok dokter gigi di King Saud University menyimpulkan bahwa menggunakan Miswak setidaknya sama baiknya dengan menyikat gigi, jika tidak lebih baik. Ada banyak penelitian yang diterbitkan pada Miswak dan buku Infact seluruh diterbitkan yang mempelajari manfaat lisan dan sistemik.

    Nah., dengan semua penelitian yang telah kami jelaskan di atas, mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut sangat efektif. Hal ini dapat dikaitkan dengan sifat antibakteri yang kuat. Aspek penting lainnya untuk dipertimbangkan adalah bahwa bulu yang sejajar dengan pegangan dan tegak lurus yang berarti pembersihan sangat efektif diantara sela-sela gigi.



Ref: http://salimah.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...