Senin, 30 Januari 2012

Jalankan Ekonomi Syariah Secara Utuh


Menjalankan ekonomi syariah secara utuh dapat mencipatkan kesimbangan dalam sistem perekonomian. Demikian disampaikan Deputi Menko Bidang Perdagangan dan Industri, Edi Putra Irawadi dalam acara Economic Outlook 2012 di Jakarta, Rabu (16/11). "Kalau mejalankan ekonomi syariah akan tercipta keseimbangan ekonomi yang sempurna. ini yang diajarkan ekonomi syariah," tuturnya.

Lebih jauh ia mengatakan, ekonomi syariah juga dapat menghilangkan distorsi, seperti riba. "Dan menghilangkan kekurangan supply dan demand serta menciptakan sustainibility," jelasnya.

Edi menambahkan, potensi syariah di Indonesia sangat besar. Salah satunya bisa dilihat dari potesi penghimpunan zakat yang bisa mencapai Rp100 triliun menurut Asian Development Bank (ADB). "Zakat yang terkumpul pada 2008 Rp920 miliar, dan Rp1,2 triliun di 2009 oleh Baznaz," tukasnya.

Sementara ekonomi syariah juga dapat meningkatkan potensi UMK untuk berkembang. "Dari data BPS ada 53,2 juta unit UMKM yang menyerap 99,8 juta orang. Sumbangan UMKM ke PDB sebesar 57,2%," tuturnya.

Diharapkan pula ekonomi syariah dapat menurunkan kemiskinan. Tahun lalu jumlah angka kemiskinan sebear 7,1% dan ditargetkan pada 2014 sebesar 5-6% 2014 angka kemiskinan. [hid]

http://ekonomi.inilah.com
Dikutip dan Ringkas Judul oleh situs Dakwah Syariah

Rating: 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...