Kamis, 05 Januari 2012

Israel Menyesal Lepas 1.027 Tawanan Palestina


Pemerintah Israel memikirkan ulang kebijakan pertukaran tahananan yang selama ini yang dinilai berat sebelah. Pertukaran Gilad Shalit dengan 1.027 tawanan Palestina dianggap merugikan negara zionis itu.

Sebuah panel yang ditunjuk pemerintah menyerahkan rekomendasinya dalam bentuk laporan rahasia, Kamis (5/1). Associated Press yang menurunkan berita itu tidak mengungkapkan isi laporan yang dirahasiakan tersebut.

"Israel tidak memiliki pilihan lain kecuali merombak keseluruhan peraturan tersebut," kata Menteri Pertahanan Ehud Barak.

Sebagaimana diketahui, dengan dimoderatori oleh Mesir, Hamas dan Israel sepakat untuk mengadakan pertukaran tawanan. Gilad Shalit, salah seorang serdadu Israel yang telah ditawan selama lima tahun di Gaza, dibebaskan oleh Hamas dengan syarat Israel membebaskan 1.027 tawanan Palestina. Seperti dilanda putus asa karena gagal menemukan Shalit di wilayah yang luasnya hanya 360 Km2 serta atas tekanan keluarga Shalit, pemerintah Zionis menyepakati pertukaran itu.

Shalit telah kembali ke Israel pada Oktober lalu, saat Israel melepas 477 tahanan. Terakhir, Israel melepas 550 tahanan yang menuntaskan perjanjian pertukaran dengan Palestina tersebut, Ahad 18 Desember 2012. [IK/Hdy/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...