Rabu, 25 Januari 2012

Hukum Malas Mengerjakan Kewajiban Islam?



















Nasehat Muslim

Pertanyaan 



Apa hukum orang yang mentauhidkan Allah ta'ala akan tetapi malas melaksanakan sebagian kewajiban ? 


Jawab 
Orang yang berbuat demikian akan berkurang imannya, demikian juga orang yang mengerjakan sebagian kemaksiatan maka akan berkurang keimanannya menurut ahlu sunnah wal jama'ah.Hal itu dikarenakan iman itu meliputi perkataan, perbuatan dan aqidah. Iman itu akan bertambah dengan ketaataan dan akan berkurang dengan maksiat.
Permisalan dari hal ini seperti meninggalkan puasa ramadhan secara keseluruhan maupun sebagiannya saja tanpa adanya udzur maka hal ini adalah kemaksiatan yang besar dan akan mengurangi keimanan dan melemahkannya, dan bahkan sebagaian ulama mengkafirkan hal  ini.

Akan tetapi yang benar hal itu bukan merupakan kekafiran, manakala pelakunya masih mengakui kewajibannya, berpuasa ramadhan hanya pada sebagian waktu karena bermudah-mudah atau karena kemalasan.Demikian pula orang yang mengakhirkan penunaian zakat sampai keluar dari waktunya karena bermudah-mudah atau tidak menunaikannya maka hal itu adalah kemaksiatan dan melemahkan iman, dan sebagian ulama mengkafirkan hal yang demikian ini.

Demikian pula orang yang memutus silaturahim maka hal ini akan mengurangi keimanan dan melemahkannya, demikian juga kemaksiatan yang lain. Adapun meninggalkan shalat maka hal itu meniadakan keimanan dan membuat seseorang murtad walaupun tidak menolak kewajibannya menurut pendapat ulama yang paling benar.
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
Pemimpin perkara adalah Islam, penopangnya adalah shalat, dan puncaknya adalah jihad fii sabilillah

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
Perjanjian antara kita dengan mereka adalah shalat, barangsiapa yang meninggalkannya maka telah berbuat kekafiran.

Dan hadist-hadist lain yang menunjukkan akan hal itu.








Lihat 
Fatwa Syaikh Abdullah Azis bin Abdullah bin Baz
Semasa hidup : Rektor Univeristas Islam Madinah Saudi Arabia
http://binbaz.org.sa/mat/10














Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...