Kamis, 19 Januari 2012

Giliran Thailand Akui Negara Palestina


Dukungan kepada Negara Palestina terus mengalir. Kini, giliran Thailand yang mengakui negara Palestina sesuai dengan garis perbatasan 1967.

Kementerian Luar Negeri Palestina, Kamis (19/1) waktu setempat, menyatakan telah menerima surat dari pemerintah Thailand yang secara resmi mengakui negara Palestina sesuai dengan garis perbatasan 1967. Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Malki, memuji langkah Thailand itu.

Al-Maliki menyatakan, pengakuan Thailand itu merupakan tambahan dukungan pertama di tahun 2012, setelah di tahun sebelumnya 130 negara lainnya telah memberikan dukungan kepada Palestina.

"Pengakuan Thailand terhadap negara Palestina adalah yang pertama pada tahun baru 2012 dan merupakan prestasi baru atas diplomasi Palestina," kata Al-Maliki kepada kantor berita resmi WAFA.

Presiden Palestina, Mahmud Abbas, juga berterima kasih kepada Thailand atas pengakuan itu. Dia mengkonfirmasi bahwa surat diserahkan oleh misi Thailand untuk PBB di New York.

"Presiden Mahmud Abbas berterima kasih kepada raja dan pemerintah Thailand atas pengakuan resminya terhadap negara Palestina," kata Abbas dalam sebuah pernyataan. "Prosedur resmi telah dimulai bagi pembentukan hubungan diplomatik.''

Dengan pengakuan Thailand itu, maka kini sudah 131 negara yang mengakui negara Palestina sesuai dengan perbatasan yang ada sebelum Perang Enam Hari 1967. [IK/Hdy/Rpb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...