Selasa, 31 Januari 2012

Apa Hukum Merayakan Maulid ?










Nasehat Muslim
Pertanyaan 
Apa hukum perayaan maulid ?
Jawab 
Perayaan maulid tidak ada dasarnya sama sekali dalam syariat Islam akan tetapi hal itu hanyalah amalan baru yang dibuat-buat tidak ada tuntunanya dalam alqur'an dan assunnah.
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda                                                             Barangsiapa yang mengadakan suatu amalan baru didalam urusan (agama) kami yang tidak ada tuntunannya maka hal itu tertolak                                                 (HR Bukhari Muslim)
Dan dalam lafadz hadist yang diriwayatkan Imam Muslim berbunyi                            "Barangsiapa mengamalkan suatu amalan yang tidak ada tuntunannya dalam urusan (agama) kami maka hal itu tertolak 
Dan telah diketahui bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam tidak pernah mengadakan peringatan terhadap hari kelahiran beliau shalallahu'alaihi wassalam dalam hidup beliau shalallahu'alaihi wassalam dan tidak pula pernah memerintahkan.
Demikian pula khulafaurrasyidin serta seluruh shahabat radhiallahu'anhum tidak ada yang pernah mengamalkan maulid, padahal mereka adalah manusia-manusia yang paling mengetahui sunnah dan paling mencintai nabi shalallahu'alaihi wassalam.
Dan mereka adalah manusia-manusia yang paling bersemangat untuk mengikuti Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam.
Dan jika maulid disyariatkan maka tentu para shahabatlah yang paling dahulu mengadakannya. 
Demikian pula para ulama generasi awal juga tidak pernah mengadakan perayaan maulid ini.
Maka ketahuilah, jika perayaan maulid diperintahkan dan disyariatkan maka kamilah yang akan pertama bersemangat menjalankannya dan mendakwahkan hal ini.
kami memohon pada Allah ta'ala agar menjadikan diri kami dan umat muslim untuk bisa kokoh dalam agama ini dan selamat dari hal yang menyelisihi syariat.
Lihat
Fatwa Syaikh Abdullah Azis bin Abdullah bin Baz
Semasa hidup 
Rektor Univeristas Islam Madinah                                                                 & Ketua Mufti Saudi Arabia                                                                                                                     http://binbaz.org.sa/mat/999
   

  

Nasehat Muslim                                                                                                                                                              http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...