Kamis, 12 Januari 2012

Adab Sebelum Dan Sesudah Melaksanakan Shalat Jumat


Perlu kita ketahui bahwa jumat adalah hari yang agung, hari yang sengaja dijadikan oleh Allah SWT sebagai tanda kebesaran umat islam dan di istimewakan untuk kaum muslimin dalam menyiarkan keagungannya.

Untuk itu perbanyaklah bacaan shalawat Nabi SAW pada hari jumat dan malam jumat, demikian juga memperbanyak sedekah pada hari jumat dan memperbanyak berbuat kebaikan, karena Allah SWT itu apabila mencintai seseorang selalulah orang itu ditunjuki untuk melakukan amalan-amalan yang utama pada waktu-waktu yang utama pula.

Sudah ga sabar yah… Baiklah! Berikut adab sebelum dan sesudah melaksanakan shalat jumat, diantaranya yaitu :

1. Disunnahkan mandi terlebih dahulu sebelum shalat jumat dah hal ini tidak mengapa jika dilakukan di waktu akan mau berangkat ke masjid, karena hal inilah yang terbaik. Agar kebersihannya masih tetap terjaga.

2. Disunnahkan mencukur rambut, memendekkan kuku, menggunting kumis, mengenakan harum-haruman, serta mengenakan pakaian terbaik (bersih dan rapih) yang dimiliki.

3. Berwudhulah dari rumah sebelum berangkat, karena Rasulullah SAW bersabda : “Siapapun yang memulai dari rumahnya menuju suatu masjid dengan mengambil wudhu akan mendapat pahala yang setara dengan pahala seseorang yang meninggalkan rumahnya dengan Ihram untuk Haji. Siapapun yang telah mempunyai wudhu kemudian meninggalkan rumahnya menuju masjid untuk shalat akan mendapat pahala setara dengan umrah. Jika orang ini tinggal di dalam masjid sesudah shalat dan menantikan shalat yang berikutnya, namanya akan dicatat dalam Illiyiin.” (Muslim)

4. Disunnahkan untuk pergi ke masjid seawal mungkin dan di waktu perginya itu, hendaklah bersikap yang khusyuk, merendahkan diri dan bersegera melaksanakan panggilan Allah SWT itu untuk melakukan shalat jumat.

5. Jangan melangkahi orang-orang yang sudah duduk lebih dulu dan jangan pula berjalan di depan muka mereka, inilah gunanya datang lebih awal.

6. Sesudah masuk ke dalam masjid, maka hendaklah shalat dua rakaat dahulu, sekalipun disaat itu imam sedang berkhutbah yaitu shalat sunnah tahiyatul masjid.

7. Disunnahkan mencari shaf (barisan) yang paling depan, karena lebih banyak keutamaannya yaitu “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang di shaf pertama, atau di beberapa shaf yang awal” (HR. Ahmad)

8. Hendaklah menghentikan pembicaraan sewaktu khatib telah berkhutbah.

9. Hendaklah menjawab azannya orang yang berazan dan selanjutnya terus mendengarkan khatib, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa berkata pada kawanya padalah saat itu khatib sedang berkhutbah, maka ia telah berbuat kelengahan dan barangsiapa berbuat kelengahan, maka tiada artinya jumat itu baginya”. (HR. Bukhari-Muslim).

10. Sesudah shalat jumat selesai, disunnahkan shalat sunnah dua rakaat yaitu shalat sunnah ba’diyah.
Demikianlah adab sebelum dan sesudah melaksanakan shalat jumat, mudah-mudahan dapat sobat praktekan yah, jika tidak hari ini, bisa dilakukan untuk hari jumat yang akan datang dan yang pasti lakukan setiap hari jumat..

Posted in Tusiyah Shalat Jumat | Tags : adab shalat jumat, adab sebelum shalat jumat, adab sesudah shalat jumat, shalat jumat, hari jumat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...