Senin, 26 Desember 2011

Teori Evolusi Semakin Ditentang di Turki


Dewan pengawas internet pemerintah Turki menyatakan situs-situs internet yang mendukung teori evolusi tidak layak bagi anak-anak. Situs-situs itu diblokir oleh pihak berwenang, khususnya di sekolah-sekolah, baru-baru ini.

Pemblokiran secara luas telah dilakukan sebelumnya, namun karena adanya kecaman-kecaman yang dilancarkan oleh media dan kalangan akademisi, pihak berwenang mengizinkan kembali situs-situs itu, dengan menyatakan larangan itu ”salah tulis.”

Seperti dilaporkan Hidayatullah, Senin (26/12), Pemerintah Turki berusaha memblokir pengajaran tentang teori evolusi di sekolah-sekolah. Sebagai alternatifnya, departemen pendidikan mengarahkan pada fakta penciptaan, sebuah teori yang dikembangkan oleh ilmuwan Turki Harun Yahya.

Guru-guru sains yang masih mengajarkan teori evolusi dilaporkan menghadapi perdebatan sengit tentang teori itu baik dari para murid yang kritis maupun orang tua dan departemen pendidikan.

Sebagian guru menentang upaya pemerintah yang kini dikuasai Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), dengan dalih dogma agama semestinya tidak dibawa ke ranah pendidikan yang ilmiah. Namun, penentangan seperti itu dibantah oleh kalangan akademisi dan ilmuwan lainnya di Turki.

Mustafa Akyol, kolumnis dan penulis masalah keagamaan, mengatakan teori-teori alternatif tentang evolusi bisa diterima dalam pendidikan.

“Ada sebagian fakta ilmiah dalam alam yang menunjuk kepada adanya mahluk cerdas yang bukan bagian dari alam, mahluk ini mungkin Tuhan. Ini tidak bisa menjadi alasan menampik kenyataan, hanya karena penjelasan itu selaras dengan agama. Saya rasa pendidikan ilmiah yang objektif harus menerima teori evolusi Darwin dan juga kecaman-kecaman atas teori evolusi Darwin,” papar Akyol. [IK/Hdy/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...