Kamis, 29 Desember 2011

Masjid Pulau Rhodes Ambruk, Uskup Yunani Halangi Izin Pembangunan


Masjid Recep Paşa di Pulau Rhodes ambruk, baru-baru ini. Masjid bersejarah yang dibangun pada masa kekhalifahan Utsmaniyah itu ambruk setelah empat pilar utamanya roboh.

Sementara renovasi masjid kini mulai berlangsung, uskup gereja Yunani ortodoks Metropolitan, Piraeus Seraphim mendesak Dewan Negara Yunani untuk mencabut RUU yang akan membolehkan pembangunan masjid di ibukota, Athena.

Seraphim, yang dikenal sebagai kelompok ekstrim kanan, mengklaim RUU ini sebagai langkah anti-Kristen dan tidak menghormat para pahlawan Kristen. Di sisi lain, banyak pihak menilai RUU ini adalah langkah pemerintah yang cukup demokratis.

Beberapa tahun terakhir, Athena sempat disibukkan dengan topik pembangunan sebuah masjid di Athena. Namun, tidak ada langkah yang diambil oleh pemerintah sebelumnya, terutama kalangan ekstrim kanan.

Tahun ini sebuah draft undang-undang yang memungkinkan pemberian izin pembangunan masjid diserahkan ke parlemen Yunani. Sebuah gedung tua di kawasan Vitanikos, Athena rencananya akan diubah fungsinya menjadi masjid. [IK/EM/AR]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...