Selasa, 27 Desember 2011

Konvoi Bantuan Tunisia Tiba di Gaza


Di tengah blokade Israel, dukungan dari berbagai negeri Islam terus mengalir ke Gaza. Selasa (27/12) petang, konvoi bantuan asal Tunisia “Ahrar” tiba di Jalur Gaza. Bantuan itu masuk Gaza melalui gerbang perlintasan darat Rafah setelah tertunda beberapa hari akibat blokade Israel.

Konvoi bantuan yang "dikawal" 11 relawan itu membawa empat ton obat-obatan dan peralatan medis yang dibutuhkan rumah sakit-rumah sakit Jalur Gaza. Mereka masuk Jalur Gaza dengan mendapatkan sambutan meriah dan hangat dari warga Palestina di Gaza.

Konvoi yang semestinya tiba di Gaza Jum'at itu berangkat dari bandara internasional Tunisi Carthage pada hari Kamis lalu menuju Kairo. Dari sana kemudian bertolak ke Jalur Gaza yang diblokade Israel.

Jalur Gaza diblokade oleh Israel sejak tahun 2006, menyusul tertangkapnya Gilad Shalit oleh pasukan Hamas. Blokade tersebut makin diperketat oleh Israel setahun kemudian, yang mengakibatkan sulitnya bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah Gaza.

Blokade Israel atas Gaza itu menyebabkan banyak warga Palestina mengalami penurunan kesehatan, kemiskinan yang parah, dan sulitnya akses mendapatkan air dan sanitasi.

Lima orang ahli HAM melaporkan kepada Dewan HAM PBB September lalu bahwa blokade atas Gaza tersebut telah membuat 1,6 juta warga Gaza terenggut hak-hak dasar mereka. Hal ini, menurut mereka, merupakan pelanggaran atas Konvensi Jenewa tahun 1949. [AN/bsb]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...