Senin, 26 Desember 2011

Berbaktilah Pada Ibu Bapakmu


Sahabat muslim dan muslimah, kita patut bersyukur karena ke dua orang tua kita, sudah memberikan kasih sayangnya dengan tanpa mengharapkan imbalan apapun dari kita selaku anaknya. Untuk itu berbaktilah pada ibu bapakmu.

Akan tetapi, Rasulullah SAW menyuruh umatnya untuk lebih mengutamakan berbakti pada ibu terlebih dahulu, kemudian berbakti pada bapaknya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)


Hadits diatas ini sudah cukup jelas, bahwa Rasulullah SAW lebih mengutamakan menyuruh berbakti pada ibumu kemudian bapakmu. Tujuannya adalah Rasulullah SAW ingin mengangkat derajat seorang wanita yang pada kala itu, hanya dijadikan budak nafsu belaka dan juga karena seorang ibu lebih berat tugasnya di bandingkan bapak.


Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Lukman ayat 14, yang artinya :
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya;  ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah  kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu". (QS. Lukman : 14)


Dengan begitu, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT dan kepada kedua orang tua kita, karena tidak ada amalan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dari pada berbakti kepada ibu dan bapak.


Demikianlah tausiyah singkat hari ini, semoga dapat mengambil hikmahnya.


Tags : ibu dan ayah, ibu, bapak, ibu dan bapak, orang tua, kedua orang tua, perintah Rasulullah, rasa syukur, berbakti pada orang tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...