Kamis, 15 Desember 2011

24 Tahun, Rahasia Kekuatan Hamas


Oleh : Husam Dajni

Jika ditelusuri perjalanan gerakan Hamas, dikaji masa depan dan masa lalu, maka kita akan sampai kepada kesimpulan bahwa Gerakan Perlawanan Islam ini semakin kuat ketika ujian, cobaan dan tekanan menerpa dirinya. Semua peneliti dan pemerhati gerakan Islam politik menjadikan Hamas sebagai contoh studi mereka. Sebab gerakan ini ajaib. Apakah ujian dan caobaan itu sendiri menjadi rahasia terpenting kekuatan Hamas ataukah ada rahasia lainnya. Rahasia Kekuatan Hamas

1. Hamas adalah organisasi yang baik yang didukung oleh struktrur kelembagaan pirdamida yang diikuti oleh loyalitas kader dan basis massa kepada pimpinan dan qudwah (panutan) dari pemimpin kepada basis massa.

2. Dinamika dan keberlanjutan Hamas bersumberkan dari dinamika Islam.

3. Hamas memiliki perpanjangan dan pengaruh regional dan internasional karena ia adalah salah satu sayap Jamaah Ikhwanul Muslimin dan memiliki keunikan yang bersumber dari Palestina yang kondisional.

4. Hamas mampu memberikan kontribusi. Gerakan ini telah mengorbankan pimpinan dan kadernya seperti Syekh Ahmad Yasin, pendirinya, Abdul Aziz Rantisi, Ismail Abu Syanab, Jamal Mansour dan daftar syuhada lainnya yang masih panjang.

5. Hamas menggalang dan mendukung pendidikan dan ulama serta cendikiawan. Hamas memiliki bank ulama/ahli dalam berbagai bidang pengetahuan. Inilah yang mendukung Hamas untuk mengambil keputusan yang tepat dan memasang kadernya di tempat yang sesuai.

6. Hamas mementingkan pendidikan dan peran wanita Palestina dan bekerja dengan usaha maksimal untuk menjunjung tinggi wanita Palestina.

7. Hamas memiliki jalan perlawanan dengan berbagai sarananya. Pada saat yang sama, Hamas tetap mempertahankan prinsip dan hak-hak Palestina.

8. Proyek-proyek pesaing Hamas seperti proyek penyelesaian damai dengan Israel dan jatuhnya sebagian rezim abosolutis yang memusuhi justru memperkuat Hamas.

Memasuki usia 24 tahun ini, Hamas menerangi sinarnya dengan bahan bakar revolusi Arab yang menjatuhkan rezim-rezim Mesir, Tunis, Libia dimana Ikhwanul Musliminlah yang menguasai ditambah Maroko dimana Jamaah Ikhwanul Muslimin berhasil memperoleh suara terbanyak dalam pemilu parlemen.

Tahun ini, Hamas juga berhasil meneken deal pertukaran tawanan yang lebih dikenal “Kesetiaan Bangsa Bebas” untuk menegaskan kelurusan pilihan perlawanan bersenjata dan memenuhi janjinya yang ditetapkan dalam festival Harlah di tahun lalu bahwa mereka akan membebaskan para tawanan dengan izin Allah.

Selain itu, festival ulang tahun Hamas tahun ini akan melaunching sejumlah proyek di Jalur Gaza meski di tengah blokade. Pemerintah di sana akan memulai membuka jalan baru, memperluas dan merenovasi jalan yang ada serta memberikan penerangan. Pemerintah yang dikomandoi Hamas juga akan melakukan merekontruksi sejumlah rumah dan masjid yang dihancurkan Israel.

Selamat hari jadi Hamas, selamat hari jadi juga untuk Front Rakyat untuk Kemerdekaan Palestina. Penulis berharap tahun depan akan ada satu festival dan perayaan bersama antara faksi-faksi dan semua kekuatan Palestina bersatu atas program dan strategi bersama untuk membawa pada pembebasan dan mendirikan negara Palestina. Dengan izin Allah negara Palestina itu akan beribukotakan abadi Al-Quds. [bsyr, InfoPalestina]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...